Jumat, 23 November 2012

Memunculkan Taskbar dan explorer yang hilang

"The real danger is not that computers will begin to think like men, but that men will begin to think like computers." -Sydney J. Harris-

Welcome aboard lad !!!

   CSK, Mungkin diantara kalian ada yang pernah ngalamin hal kayak begini. Lagi enak enak pakai komputer terus tiba tiba taskbar window ilang, menu "start" jadi ga bisa di klik karena ikut ilang barengan sama taskbar. Padahal masih banyak file yang belum di save. Mau ngeklik refresh ga ada yang bisa di klik, klik kanan pun ga jalan. Dan ga bisa masuk ke windows explorer. Walhasil dunia serasa kiamat !! 
   
   Tenang disini gw mencoba memberikan sedikit tips dan trick kalau kalau hal ini terjadi sama kalian. Pertama kita mesti tau dulu apa penyebab taskbar hilang dan ga bisa akses windows explorer. Penyebab nya adalah Proses dari Explorer.exe di komputer kalian mati.

Proses Explorer.exe pada komputer

   Gambar di atas menunjukan proses explorer.exe yang berjalan pada komputer kita. Proses tersebut yang bertanggung jawab atas hilang atau munculnya taskbar pada komputer kita. Serta bertanggung jawab pada proses masuk ke windows explorer pada komputer kita.
   
   Jadi kalau kalian secara sengaja atau pun ga sengaja meng-End process atau mematikan proses explorer.exe, maka taskbar pada komputer bakalan ilang dan kita ga bisa mengakses windows explorer.

   Ok, untuk mengatasi masalah ini sebenernya cukup gampang, pertama tama masuk ke Task Manager dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Bila sudah masuk ke Task Manager pilih menu File lalu pilih New Task(Run...)
  
     Kalau udah, ketik explorer di kotak new task, terus klik ok.


   Dan masalah pun terpecahkan..... Taskbar kembali muncul dan menu START bisa di akses lagi. Dan kita udah bisa masuk ke windows explorer lagi.

   Ok, itu tadi sedikit tips dan trik untuk memunculkan kembali taskbar yang hilang. Mudah mudahan bisa menmbah pengetahuan kita tentang troubleshooting komputer.

   Kumang melaporkan langsung dari TKP, see you o the next  post !!! Marangga. -K-

11 komentar:

  1. terimakasih banyak tipsnyaaaa. sangat membantu !

    BalasHapus
  2. Ah gak mempan gan..soalnya udah terlanjur kena virus serviks kali...emang muncul si, tapi ketika di close, di taksbar juga ilang..

    BalasHapus
  3. kalo abis tuh terus ane gak bisa pin ke taskbar ,, gmana gan

    BalasHapus
  4. udah gue lakuin seperti yg anda tuliskan tapi setelah d close iconnya tetep gak muncul alias ilang lagi, gmn tu bro...?

    BalasHapus
  5. Tangkyu brow. Lop yu pulllll, hehehehheh

    BalasHapus
  6. Kalo waktu explorer.exe nya tu mati kemudian laptop juga mati itu bagaimana gan? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  7. kalo explore.exe nya mati kemudian laptop mati dan waktu bukanya kembali tidak bisa log on itu gimana gan ? Mohon penjelasannya

    BalasHapus