Selasa, 27 November 2012

Apa yang Terjadi Bila Nyamuk Musnah Dari Muka Bumi ?

" The life of the dead is placed in the memory of the living" - Marcus Tullius Cicero-

Welcome aboard lad !!!

   CSK, Nyamuk, makhluk kecil tapi sering bikin orang orang marah marah. Vampire nya kaum hewan, penghisap darah manusia. "Apa sih gunanya nyamuk? Kenapa ga mati aja semua itu nyamuk". Mungkin kata kata ini sering terlontar dari beberapa orang termasuk kita, dan postingan kali ini akan membahas bagaimana jika semua nyamuk di muka bumi ini musnah tanpa jejak. Ok, langsung aja kita masuk ke pembahasan.

  Menurut perkiraan para ahli dan ilmuwan setidaknya ada sekitar 3.500 sepesies nyamuk yang ada di bumi sekarang. dan yang menyerang manusia hanya ratusan spesies saja.  

  Punahnya satu makhluk pasti berdampak pada ekosistem secara keseluruhan. Jika nyamuk punah, dampak paling besar yang akan segera terjadi ada di habitat tundra (padang es) di Kutub Utara. Tempat itu merupakan sarang terbesar spesies nyamuk Aedes impiger dan Aedes nigripes. Mereka adalah salah satu makanan kesukaan para burung. Jika mereka punah, maka migrasi burung akan berkurang hingga 50 persen—karena berkurangnya makanan.

   Migrasi satwa lain juga akan terpengaruh, antara lain karibu (sejenis rusa kutub). Ribuan karibu yang sebelumnya menghindari gigitan nyamuk akan segera menyerbu wilayah tundra, dan hal itu pasti akan diikuti para serigala yang merupakan predator utama para karibu.

   Kemudian, spesies ikan pemakan nyamuk, Gambusia affinis, juga akan terancam punah jika nyamuk sudah tidak ada. Punahnya ikan ini sedikit banyak akan berdampak pada rantai makanan yang terjadi di perairan air tawar.

   Well, itu tadi sedikit gambaran bagaimana jika nyamuk musnah, ekosistem bumi akan benar benar terganggu dan itu pun baru sebagian kecil dampak yang terjadi lho. Seperti kita ketahui bahwa tidak ada satupun makhluk ciptaan Tuhan yang tidak bermanfaat :).


   Kumang melaporkan dari TKP, see you on the next post !!! Marangga.-K-
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar