Selasa, 04 Desember 2012

Tips Menikmati Sushi Seperti Orang Jepang

"Reading is food for brain." - Maribel C. Pagan-

Welcome Aboard Lad !!!

   CSK. Sushi, makanan asal Jepang ini kini menjadi salah satu menu yang paling di gemari oleh orang Indonesia. Selain bentuknya yang menarik rasanya yang enak juga menjadi faktor makanan ini menjadi menu favorit para pecinta makanan Jepang di Indonesia.


   Namun apakah saat makan Sushi kalian sering kepikiran "Ini cara makannya bener ga ya?" atau " Biar kayak orang Jepang beneran gimana urutan makannya ya?. Nah kali ini Saya akan memberikan Tips Menikmati Sushi Seperti Orang Jepang. Ok, langsung aja ke pembahasan.
   Saat kita memesan Sushi, biasanya pesanan kita akan datang dengan "Peralatan Tempur" lainnya untuk menyantap Sushi. Yang pertama adalah Wasabi, si Hijau yang super pedas, Shoyu si kecap tempat berenang Sushi, dan Gari si Jahe penetralisir lidah. Serta Oba daun yang seperti daun minta dan irisan lobak.


   Executive Chef Shima Restaurant Kosaka Shingo memberikan tips sederhana cara makan sushi ala orang Jepang

1. Jangan aduk Wasabi dengan Shoyu 

   Menurut Shingo, kebiasaan orang Indonesia saat mencampur wasabi ke shoyu adalah mengaduk-aduk wasabi dengan shoyu. Ia menuturkan shoyu cukup diletakan di wadah bulat, lalu taruh wasabi di ujung wadah. Biarkan wasabi larut dengan sendirinya ke dalam shoyu, tak perlu diaduk-aduk. Jangan lupa, tak perlu mengambil banyak-banyak wasabi, cukup seujung sendok teh saja. Jika kebanyakan, siap-siap kepedasan.

2. Celupkan Pada Bagian Yang Tepat

   Cukup kenakan soyu ke bagian potongan ikan sashimi yang ada di sushi. Jangan sampai nasi yang terkena shoyu. Sebab nasi dengan mudah akan menyerap shoyu dan malah merubah cita rasa dari sushi. Jika bagian terluar adalah nori (rumput laut) dan bukan sashimi, maka celupkan bagian nori ke dalam shoyu.

3. Ghari dan Oba Bukanlah Hiasan !!!!

   Ghari atau jahe bukan sekedar hiasan. Jahe ini berfungsi sebagai penetralisir. Sehingga makanlah ghari di paling terkahir setelah selesai menyantap sushi dan sashimi. Sementara itu, daun oba dan irisan lobak seringkali dianggap hanya sekedar garnish (hiasan pada sajian makanan).


   “Kalau di Jepang, semua itu dimakan habis. Tapi saya lihat kalau orang Indonesia, daun oba dan lobak disisakan, tidak dimakan,” ungkap Shingo.


   Daun oba dan irisan lobak menurut Shingo berfungsi untuk mendinginkan mulut dan perut. Oleh karena itu, setelah makan sushi dan sashimi, sebaiknya makan daun oba dan irisan lobak tersebut.

   Nah itu tadi 3 tips penting agar saat menikmati Sushi berasa seperti orang Jepang asli sob. Gimana tinggal di praktekan aja di restoran tempat kalian menyantap Sushi aja kan. 

   Kumang melaporkan langsung dari TKP, see you on the next post !!! Marangga. -K-


Sumber

   


12 komentar:

  1. Balasan
    1. iya sob mantap kalo ada duitya :D kalo ga ada ya gigit jari :(

      Hapus
  2. kalau sich gak pernah makans sushi sob liat aja gak pernah heheh maklum orang kampung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gpp sob, masakan kampung itu lebih nikmat kok dari makan luar :D

      Hapus
  3. Ingin banget coba, tapi di Salatiga tidak ada yang jual haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mesti jalan jauh ke luar kota kayaknya mas :)

      Hapus
  4. wew ... jadi hoyong dwuh da ci kumang teu tanggung jawab wew.

    BalasHapus