Sabtu, 01 Desember 2012

Rahasia Fungsi Kedua Lubang Hidung

" It's not the load that break you down, it's the way you carry it."  -Lou Holtz-

Welcome Aboard Lad !!!

   CSK, Sempat kepikiran ga bagaimana kalau lubang hidung kita cuman 1? Kalau Saya pribadi? ga kepikiran sob hahaha. Manusia diciptakan dengan dua lubang hidung, yang kiri dan yang kanan, yang berfungsi selain sebagai indera penciuman juga berfungsi sebagai alat bernafas.

   Tapi tau ngga kalau ternyata lubang hidung yang kanan dan yang kiri memiliki fungsi yang berbeda ? Ok tanpa berpanjang panjang lagi, langsung saja kita masuk ke pembahasan.


   Selain menghembuskan nafas dari masing masing lubang, ternyata setiap hembusan dari lubang yangberbeda memiliki khasiat penyembuhan yang berbeda sob.

   Dilansir Sanatanasociety, ternyata setiap lubang hidung ketika beroperasi secara independen dapat mempengaruhi proses kimia pada tubuh dengan cara yang berbeda. Ketika keuda lubang bekerja bersamaan, proses kimia di tubuh pun mengalami perubahan.

    Baik lubang hidung kanan ataupun lubang hidung kiri, keduanya berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Hidung berada dalam kontak langsung dengan Hipotalamus melalui jalur dengan lobus pencium di otak. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbik, yang terkait dengan emosi dan motivasi.

   Lubang hidung melalui proses respirasi dihubungkan dengan respons neuromotor dan dengan sistem saraf otonom. Respons neuromotor ini mempengaruhi belahan otak (Hemisphere) dan juga aktivitas kimia pada otak, yang akhirnya mempengaruhi semua fungsi tubuh.

Lubang Hidung Kanan

   Lubang hidung sebelah kanan sring diibaratkan sebagai Matahari yang memiliki karakter panas. Lubang hidung kanan berfungsi mengeluarkan udara panas dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan sekresi asam

   Bernafas melalui lubang kanan mempengaruhi aktifitas otak seblah Kiri yang berhubungan dengan kegiatan verbal, lebih energik dan rasional.

Lubang Hidung Kiri

   Sementara lubang hidung sebelah kiri diibaratkan sebagai Bulan yang mengeluarkan udara dingin. Menghembuskan udara dari lubang hidung sebelah kiri dapat meningkatkan pengeluaran alkali atau basa.

   Bernafas melalui lubang kiri mempengaruhi aktivitas Kortikal otak di sisi kanan. Yang berkaitan dengan kemampuan emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminim.

   Fungsi masing-masing lubang hidung bisa dirasakan pada saat proses penyembuhan. Contoh masing-masing fungsi lubang hidung antara lain:

Bernapas dominan lubang hidung kanan


1. Meredakan sakit kepala

2. Dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis

3. Meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan


Bernapas dominan lubang hidung kiri


1. Dapat meredakan stres

2. Mengatasi kesulitan tidur (insomnia). Caranya, berbaring di sisi kanan dan bernapas dengan lubang hidung kiri (menurup lubang hidung kanan) selama 25 sampai 30 menit.


   Nah, saya sendiri dulu sering nyobain cara di atas, kalau lagi pusing pusing biasanya saya tutup hidung sebelah kiri dan bernafas hanya dengan lubang hidung sebelah kanan selama beberapa menit. Dan terbukti ampuh meredakan sakit kepala saya. Ga ada ruginya dicoba, karena ga pake pengawet kok sob atau bahan kimia hehehe.

   Kumang melaporkan dari TKP, see you on the next post !!! Marangga. -K-




20 komentar:

  1. wah keren hidung ya hehe....
    nice info gan..:)

    BalasHapus
  2. Lho muka mana tuh bang koq cuma hidung aza..kikikkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mukanya mahal bang, jadi idung aja hahaha

      Hapus
  3. Numpang baca gan...sgt bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kaish sudah berkunjung sob

      Hapus
  4. Nice sharing, Sob.

    Waktu latihan pernafasan dulu ane diajari menarik nafas lewat salah satu lubang hidung dan mengeluarkan dari lubang yang satunya lagi, dilakukan bergantian. Efeknya selain memberikan relaksasi juga katanya melancarkan aliran darah. Selain itu juga membersihkan saluran lubang hidung yang kadang mampet entah karena pilek maupun debu halus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya sendiri sering nyoba kalau pusing, dan hasilnya ampuh :)

      Hapus
  5. Wah... bermanfaat banget nih infonya sohib...
    Padahal sewaktu latihan pernafasan dulu sudah sering dilakukan, btw, baru sekarang ada info ilmiahnya...
    Mantap nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sob :) sebenrnya udah lumayan lama sih. cuman baru rajin ngeblog sekarang hihihi

      Hapus
  6. Hidunya spt hidung qu ujungnya naik...hehe tp mancung koq..
    Trims infonya ya :)

    BalasHapus
  7. Sering minum obat kimia ngga baik untuk kesehatan, cara ini baik dicoba karena aman, ampuh dan tanpa biaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, terlalu banyak obat kimia merusak tubuh :)

      Hapus
  8. jadi tau fungsi dari kedua lubang hidung sob hehehe, trima kasih atas informasinya ... :)

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat nech... terus berkarya tentang hal positif & menambah wawasan seperti ini Mas Bos (",)

    BalasHapus